Patuhi Financial Fair Play, Chelsea Fokus Kembangkan Akademi

Mrbola – Periode menghambur-hamburkan uang dengan membeli amunisi mahal sudah jadi masa lalu buat The Blues. Ke depannya, Chelsea akan memberi perhatian besar pada pengembangan akademinya.

Terhitung sejak tahun 2003 lalu Chelsea menjadi kekuatan baru Liga Inggris menyusul kedatangan sang raja minyak asal Rusia Roman Abramovich ke Stamford Bridge. klub dari London itu memang harus menunggu 2 musim untuk meraih tropy Premier League pertamanya, namun sejak Roman Abramovich datang Chelsea menjadi magnet besar untuk pemain berlabel bintang karena tranfer besar dan gaji tinggi yang ditawarkan.

Sampai beberapa musim kemudian The Blues Chelsea tak pernah absen mendatangkan pemain label bintang dengan transfer yang dianggap di luar batas kewajaran. Beberapa pemain memang berhasil dan memberi kontribusi besar, namun tak sedikit juga yang gagal memberikan performa terbaik mereka.

Memperingati 10 tahun kedatangan Roman Abramovich ke Chelsea, klub tersebut kembali menegaskan perihal kebijakan pengembangan pemain muda melalui akademinya dan tidak lagi sesuka hati membelanjakan uang di jendela transfer pemain. Pengembangan pemain muda melalui akademi dianggap sebagai langkah untuk menjaga klub tetap berada di jajaran klub elit Eropa.

“Investasi awal Mr Abramovich adalah menciptakan tim yang dikagumi di seluruh dunia. Namun untuk membuat Chelsea tetap berada di jajaran elit kami tahu kalau kami harus memproduksi talenta hebat kami sendiri dan kami kini sudah mulai mendapatkan keuntungan dari akademi kami,” ucap Ron Gourlay selaku Presiden Eksekutif The Blues.

Adanya kebijakan Financial Fair Play yang ditetapkan UEFA, membuat chelsea mau tak mau untuk menghentikan belanja besar-besaran . Otoritas sepakbola Eropa itu menjanjikan sanksi larangan bermain di kompetisi Eropa jika ada klub yang tak sehat kondisi finansialnya.

“Berinvestasi di akademi akan membantu target jangka panjang untuk menerapkan financial fair play,” lanjut Presiden Eksekutif Gourlay di Reuters.

Kebijakan Chelsea itu dapat dukungan juga dari sang manager Jose Mourinho. Tak seperti saat debut kedadatangnya ke Stamford Bridge, The Special One tak akan punya dana belanja yang besar.

“Tugas ku di sini bukan untuk meminta ke pemilik klub Abramovic atau ke dewan bahwa saya membutuhkan dana dengan jumlah nol yang sangat banyak,” ujar platih asal Portugal itu.[AD-80]

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *