Lancine Kone Ditunjuk Gantikan Peran Ponaryo Astaman

Mrbola – Kendati baru bergabung dengan Sriwijaya FC pada musim ini, mantan gelandang Persisam Samarinda Lancine Kone langsung mendapat kepercayaan pelatih Subangkit untuk menjabat kapten tim Laskar Wong Kito di Piala Gubernur Jatim 2013.

Subangkit menunjuk Kone untuk menggantikan peran Ponaryo Astaman sebagai jenderal lapangan. Awalnya, juru taktik asal Pasuruan ini enggan menyebutkan siapa yang bakal dipilih menjadi kapten tim, karena masih mempertimbangkan status Ponaryo yang belum jelas. Setelah Ponaryo resmi berlabuh ke PSM Makasar, Subangkit langsung mengambil kebijakan memutuskan siapa yang layak menggantikan peran Popon.

Sebetulnya ada dua kandidat kapten tim selain Kone, yakni Erol Iba dan Firdaus Ramadhan. Menurut Bangkit, sapaan sang pelatih, saat memperkuat Persisam, Kone sosok pemain yang disegani pemain, baik di dalam maupun di luar lapangan.

“Kone punya jiwa kepemimpinan yang baik. Apalagi musim lalu dia juga kapten di Persisam,” kata Subangkit.

Mantan kapten Persib Bandung Maman Abdulrahman yang baru bergabung ternyata tidak termasuk dalam pilihan. Kendati kiprahnya di tanah air tak diragukan lagi oleh Subangkit, posisi Maman sebagai stopper cukup krusial untuk menjadi pilihan utama saat pertandingan.

Hal ini disebabkan kompetiter di lini belakang untuk menjadi starter cukup berat, mengingat ada Abdoulaye Maiga, Firdaus Ramadhan, dan M Hamzah yang bisa bermain di dua posisi

Sementara, seorang kapten itu lazimnya senantiasa turun lapangan, kecuali cedera ataupun akumulasi kartu. Lawan Arema, Kone akan memulai tugas barunya. Selain menjadi gelandang pengatur serangan, pemain asal Pantai Gading ini akan menjadi panutan sepuluh pemain lainnya.

“Kemungkinan Kone langsung menjadi kapten musim depan,” tuturnya.

Menghadapi Arema bukanlah perkara gampang bagi Sriwijaya FC. Subangkit hanya berharap ada peningkatan signifikan dari anak-anaknya, baik fisik maupun skema yang dilatih selama pemusatan latihan (TC).

“Arema lebih siap dari kita, tidak terlalu banyak merombak pemain. Sementara kita hampir 100 persen dirombak. ”

 

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *