Finansial Madrid Dikritik Eks Arsitek Munchen

Mrbola – Kuat dalam skuad, lemah dalam finansial. Itu mungkin kata yang cocok untuk menggambarkan keadaan klub raksasa La Liga, Real Madrid. Keadaan ini pun mendapat sorotan tajam dari mantan pelatih Bayern Munchen yang kini melatih timnas Swiss, Ottmar Hitzfeld.

Musim panas lalu, El Real memang melakukan pembelanjaan pemain dengan anggaran yang fantastis. Bahkan perekrutan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur membuat pihak klub menggelontorkan dana sebesar 100 juta euro.

Belum lagi pembelian Isco dan Illaramendi yang total menelan biaya 181 juta euro. Keadaan ini tak sebanding dengan pemasukan uang klub dari hasil penjualan Mesut Ozil ke Arsenal dan Gonzalo Higuain ke Napoli sebesar 67 juta euro.

“Ini (penandatanganan Gareth Bale) adalah sebuah situasi yang tidak bisa dimengerti. Saya tidak mengerti bagaimana mereka memiliki begitu banyak pemain dengan jumlah utang yang juga menumpuk,” sindir Hitzfeld, dinukil Futbol Tactico, Jumat (13/12/2013).

“Tampaknya tidak adil bahwa Madrid bisa membeli pemain dengan jumlah utang yang mereka miliki. Ini benar-benar tidak adil,” sambungnya.

Ditengarai, situasi ini membuat Los Blancos memiliki utang sebesar setengah miliar euro pada bulan Oktober.
Menurut Hitzfeld, mantan tim asuhannya, Bayern Munich adalah tim yang sehat, dalam artian memiliki skuad yang mumpuni dengan beban utang yang sama sekali tidak ada. “Bayern Munich adalah klub yang sehat yang tidak memiliki utang,” lanjutnya .

“Mereka hanya akan mendatangkan pemain sesuai dengan potensi ekonomi mereka sendiri. Mereka telah membayar uang dalam jumlah besar, tetapi tidak pernah berutang uang kepada organisasi atau klub. Tidak ada perbandingan antara Bayern dan Madrid,” tuntasnya.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *